Tentang Asuransi Mobil All Risk

Salah satu produk asuransi yang banyak dibeli oleh para nasabah adalah asuransi mobil. Asuransi ini mengalihkan kerugian baik berupa kerusakan dan kehilangan pada kendaraan roda empat ke pihak asuransi. Itu artinya ketika nasabah mengalami kecelakaan lalu lintas atau ketika kendaraan nasabah raib dicuri oleh para penjahat, mereka tidak perlu khawatir dan stres karena pihak asuransi akan menolong mereka. Ganti rugi yang diberikan pihak asuransi bisa berupa rujukan ke bengkel rekanan mereka atau pun uang tunai.

asuransi-kendaraan

Produk asuransi ini dibedakan menjadi dua, yaitu asuransi mobil all risk dan total loss only (TLO). Sebagian besar nasabah lebih memilih untuk membeli asuransi mobil TLO karena preminya jauh lebih terjangkau. Sebenarnya, memilih asuransi mobil TLO tidaklah salah, namun sangat disarankan untuk memilih asuransi mobil all risk. Jika saat ini Anda ragu dalam memilih kedua jenis asuransi mobil ini, disarankan untuk membeli asuransi mobil all risk. Mengapa? Temukan jawabannya di bawah ini:

Keuntungan

Asuransi mobil all risk mengcover semua kerugian yang terjadi pada kendaraan roda empat Anda, baik itu berupa goresan, patah spion, bemper bengkok, dan kerusakan parah. Jika dibandingkan dengan asuransi mobil TLO yang hanya mengcover kerusakan mobil yang lebih dari 75%, jelas all risk lebih baik dari TLO. Bayangkan jika Anda memilih jenis perlindungan TLO dan mobil Anda patah spion atau lecet karena diserempet pengendara lain, kerusakan ini jelas tidak sampai 75% dan Anda harus mengganti sendiri kerusakan tersebut.

Apabila Anda beranggapan bahwa Anda bisa mengemudi dengan hati-hati guna memperkecil resiko kerusakan, coba tanyakan pertanyaan ini “sampai berapa lama Anda bisa menghindari kerusakan mobil dan apakah pengendara lain akan selalu mengemudi dengan hati-hati?” Perlu diketahui bahwa lecet yang terjadi pada kendaraan kerap sekali terjadi karena banyaknya pengendara yang kurang awas dalam mengemudi atau mengendarai sepeda motor mereka. Jika ingin tahu informasi lain mengenai keuntungan dari produk asuransi ini, silahkan like fanpage Raja Premi ya.

Premi

Premi untuk asuransi mobil all risk memang lebih mahal dibandingkan dengan TLO. Hal ini disebabkan karena asuransi ini mengcover semua jenis kerusakan mobil. Untuk besarnya jumlah premi juga disesuaikan dengan harga mobil dan tahun keluaran mobil Anda sehingga premi mobil yang harganya di bawah 150 juta berbeda dengan mobil yang harganya 200 juta lebih. Contoh, jika Anda memiliki sebuah mobil dengan harga 377.500.000 rupiah keluaran tahun 2014, premi tahunan untuk all risk yang harus dibayar berkisar 5.486.962 rupiah sampai 7.056.607 rupiah. Sedangkan untuk TLO, premi tahunannya berkisar 772.365 rupiah sampai 1.790.482 rupiah.

Oya, premi tahunan untuk asuransi mobil all risk di setiap perusahaan asuransi juga ada yang berbeda. Misalnya, untuk asuransi mobil ACA (all risk), premi tahunan yang harus dibayar sebesar 6.003.382 rupiah sedangkan untuk asuransi mobil Adira, premi tahunannya adalah 6.143.812 rupiah.

Klaim

Klaim asuransi mobil TLO dan all risk tidaklah berbeda. Nasabah diharuskan untuk mengajukan klaim dalam kurun waktu 3×24 jam paska kecelakaan/kehilangan, meminta surat keterangan dari pihak kepolisian, menyiapkan foto-foto kerusakan mobil sebagai bukti (boleh juga video apabila mobil dicuri), dan kemudian isi formulir klaim yang disediakan oleh pihak asuransi. Di samping itu, Anda juga perlu  mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi polis asuransi, SIM, KTP, dan STNK serta BPKB asli apabila kehilangan mobil. Cek di sini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *