Strategi Memiliki Dana Pensiun Sendiri

pensiun money

Dana pensiun sering juga disebut sebagai jaminan di hari tua. Pentingnya memiliki dana pensiun karena usia di atas 55 tahun tubuh tidak mampu lagi diajak melakukan aktivitas berat dan mencari nafkah seperti sebelumnya. Dengan adanya dana ini tentu masa tua akan cukup terjamin karena bisa memperoleh penghasilan secara berkesinambungan. Beruntung bila bekerja di perusahaan yang memiliki program dana pensiun, penghasilan akan dipotong sesuai ketentuannya untuk memperoleh jaminan tersebut. Namun bukan berarti bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang wirausaha, petani, atau juga pedagang tidak mampu memperoleh program pensiun, Anda juga berhak dan bisa memilikinya. Caranya? Anda bisa simak dan pilih salah satu dari ketiga strategi persiapan pensiun di bawah ini:

Miliki tabungan

Untuk memperoleh dana pensiun di hari tua, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menabung sejak dini. Menabung tentunya sudah sangat lumrah didengar karena pada intinya Anda perlu mengatur keuangan pribadi untuk mampu menyisihkan sebagian daripada penghasilan Anda misalnya 5%, 10%, atau bahkan 15% untuk dijadikan tabungan. Dalam hal ini, Anda bisa membuat rekening khusus untuk dana pensiun agar kebutuhan utama tidak terganggu. Jika keuangan Anda pas-pasan karena memiliki banyak tagihan, seperti rumah, kendaraan, dan furniture ada baiknya kurangi terlebih dahulu cicilan tersebut, supaya pengeluaran dapat terpenuhi dan keuangan Anda bisa terkontrol dengan baik.

Daftar sebagai peserta DPLK di bank atau perusahaan asuransi jiwa

Cara kedua yang bisa Anda lakukan supaya konsisten dengan tujuan utama yakni persiapan pensiun adalah dengan mendaftar sebagai peserta DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) seperti di bank atau di perusahaan asuransi jiwa. Dalam hal ini, setiap bulan Anda akan dikenakan tarif membayar kewajiban atau premi. Jika kewajiban ini terlambat, besar kemungkinan dana pensiun yang nantinya akan diklaim juga bakal bermasalah. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung dengan baik berapa bayaran yang harus Anda keluarkan untuk program ini, usahakan agar dapat Anda penuhi secara lancar.

Untuk memilih lembaga keuangan bank atau perusahaan asuransi terbaik, sebaiknya Anda menanyakan hal ini terebih dahulu kepada kerabat yang menjadi peserta DPLK. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui kredibitas lembaga keuangan melalui testimoni di website mereka, di situ Anda bisa memperoleh gambaran apakah lembaga keuangan yang Anda tunjuk patut dipilih atau tidak. Ingat, kemudahan dan kenyamanan yang Anda dapat di hari tua menjadi tujuan utama daripada memilih lembaga keuangan yang tepat untuk program masa pensiun. Oleh sebab itu, jangan sampai salah pilih DPLK.

Invetasikan dana dalam bentuk usaha

Selain kedua hal di atas, yang juga menjadi strategi Anda untuk memperoleh persiapan pensiun adalah dengan menginvestasikan dana dalam bentuk usaha, misalnya membangun bedeng, membuka usaha toko baju, kuliner, fotocopy, buku, dan lain sebagainya. Anda bisa mencari pekerja untuk melayani konsumen dengan maksimal, jadi Anda tinggal mengawasi mereka untuk bekerja dengan baik. Selain bermanfaat bagi diri pribadi hal ini juga tentunya berguna bagi orang lain karena Anda dapat membantu orang yang membutuhkan pekerjaan.

Memiliki dana pensiun sendiri memang perlu perjuangan dan konsisten supaya suatu saat bisa dimanfaatkan dengan baik. By the way, jika Anda berminat untuk memiliki dana pensiun sendiri, ada baiknya bicarakan hal ini dengan pasangan terlebih dahulu agar tidak timbul kesalahpahaman dan bisa menikmati masa pensiun dengan bahagia di usia tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *