Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat Asuransi Mobil

Selain nyaman selama menempuh perjalanan, mobil dapat meningkatkan kepercayaan klien. Tak kalah penting, menggunakan mobil sendiri untuk liburan lebih hemat dan aman tentunya. Tertarik beli mobil? Punya mobil di zaman sekarang? Bukan khayalan lagi 😀 Harga mobil yang mahal bukan halangan karena rata-rata dealer telah membebaskan nasabah untuk melakukan pembelian non tunai (tempo atau kredit). Di samping itu, tak sedikit pula dealer mobil yang menawarkan mobil bekas tapi punya kualitas yang tak kalah saing dengan mobil baru terlebih telah diservis baik dari sisi mesin maupun dari sisi body mobil. Mobil tipe dan merek apa pun yang bakal dibeli nantinya, setelahnya pikirkan untuk segera membeli asuransi mobil. Apa manfaat asuransi mobil? Berikut:

Perbaikan mobil

Mesin mobil “mendesis” atau “menggelitik”? Mesin berputar tapi tidak mau hidup? Tercium bau terbakar pada mobil? AC mobil tidak dingin, mengeluarkan bau, atau mengeluarkan bunyi? Lampu OIL Pressure tetap menyala meski mesin dalam kondisi hidup? Berbagai masalah ini bisa terjadi karena minimnya perawatan mobil, terlalu sering menggunannya, atau memang karena umur kendaraan yang lebih dari 5 tahun. Kalau sudah demikian, butuh perbaikan yang tepat agar mobil kembali dalam kondisi prima. Punya asuransi mobil? Bisa melakukan perbaikan di bengkel rekanan perusahaan asuransi di lokasi terdekat. Hanya saja, harus pilih asuransi mobil dengan tipe comprehensive jika ingin mengalihkan biaya perbaikan untuk semua kerusakan besar atau kecil sekalipun.

Penggantian mobil

Ketika mobil sedang diperbaiki di bengkel rekanan perusahaan asuransi, tidak perlu bingung transportasi apa yang bakal digunakan menuju tempat kerja atau lainnya. Mengapa? Sebab, perusahaan asuransi biasanya memberikan penggantian mobil sementara selama mobil diperbaiki. Tidak perlu menggunakan angkutan umum yang relatif kurang aman, bukan? Biasanya fasilitas ini diberikan jika mobil rusak parah hingga harus diperbaiki lebih dari 2 hari. Untuk jangka waktu penggunannya sendiri umumnya selama lebih kurang 5 hari (kebijakan masing-masing perusahaan asuransi berbeda). Akan tetapi, ada pula sebagian perusahaan asuransi yang bakal memberikan ongkos transportasi ketika mobil masih dalam perbaikan di bengkel rekanan.

Pengalihan biaya pengobatan/perawatan

Peluang kecelakaan makin besar mengingat ramainya kendaraan berlalu lalang di jalan raya, banyaknya anak berusia belasan tahun mengemudikan kendaraan sendiri, dan banyaknya jalanan yang rusak. Kecelakaan terkadang bukan hanya menyebabkan mobil penyok, gores, atau rusak spion, melainkan juga menyebabkan pengemudi & penumpang mengalami luka ringan/berat. Akan kondisi ini, asuransi mobil sangat berperan penting untuk mengalihkan biaya pengobatan/perawatan pengemudi & penumpang. Persentase pengobatan/perawatan sekitar 0,50% untuk pengemudi dan 0,10% untuk penumpang (masing-masing perusahaan asuransi berbeda). Kalau pengemudi & penumpang sampai cacat atau meninggal dunia, perusahaan asuransi bakal memberikan santunan sekian persen dari nilai pertanggungan.

Peng-cover kerugian pihak ketiga

Kecelakaan bisa saja terjadi meski sudah sangat berhati-hati dalam berkendara. Bersyukur kalau kecelakaan tidak menganggu pengguna jalan lainnya. Kalau menganggu bahkan sampai membuat kerusakan pada kendaraan atau luka pada bagian tubuh pihak ketiga? Harus mengeluarkan dana untuk perbaikan & pengobatan pihak ketiga. Dengan asuransi mobil, bisa melakukan pengajuan polis untuk tanggung jawab pihak ketiga. Ganti rugi bakal dicarikan jika hasil survey menunjukkan kalau memang berkendara telah mematuhi aturan lalu lintas. Hanya saja faktor kendaraan, jalan, atau cuaca yang memicunya. Bertanggung jawab dengan mengobati hingga sembuh total & memperbaiki mobil hingga kembali prima patut dilakukan untuk dapat menempuh jalur damai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *