Asuransi Properti Menjamin Properti dari Berbagai Kerusakan

asuransi properti 1Apakah Anda tahu apa itu asuransi properti? Yup, asuransi properti adalah asuransi yang mengalihkan kerugian yang terjadi pada properti, baik itu rumah, apartement, toko, dan juga pabrik kepada perusahaan asuransi. Uang pertanggungan yang diberikan tak tanggung-tanggung, yaitu setara atau bahkan lebih dari nilai jual properti itu sendiri. Itulah sebabnya mengapa saat ini sudah ada banyak masyarakat yang memiliki polis asuransi properti. Ya, mereka sudah menyadari betapa pentingnya produk asuransi ini untuk melindungi properti mereka.

Apakah Anda sudah membeli polis asuransi ini? Jika belum, segera beli sekarang juga karena dengan menjadi pemegang polis, Anda bisa berhak mendapatkan uang pertanggungan yang jumlahnya tentu tidak sedikit apabila terjadi kerusakan pada properti yang disebabkan oleh:

Kebakaran

Kebakaran adalah salah satu momok menakutkan bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan yang padat penduduk. Hal ini dikarenakan si jago merah akan siap melahap setiap rumah yang jaraknya berdekatan tersebut. Sudah banyak kasus kebakaran yang menyebabkan warga harus kehilangan harta benda berharga mereka hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja. Penyebab kebakaran ini sendiri cukup beragam, mulai dari puntung rokok yang dibuang sembarangan sampai arus pendek listrik akibat salah instalasi atau kabel yang sobek. Kondisi ini semakin diperparah setelah ditemukannya kabel-kabel tidak berkualitas yang mudah terbakar di pasaran. Kabel ini dijual dengan harga murah sehingga banyak konsumen yang membelinya. Di samping itu, adanya pencurian listrik di beberapa daerah, khususnya di lingkungan padat penduduk, membuat alus listrik menjadi tidak stabil dan akhirnya memicu kebakaran.

Bencana alam

Sebenarnya bencana alam bisa ditanggulangi selama masyarakat dan pemerintah bekerjasama dalam menjaga lingkungan. Misalnya saja, banjir yang bisa dicegah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menyediakan lahan hijau di setiap sudut kawasan. Sementara untuk longsor, masyarakat harus menghindari penebangan hutan secara liar dan menanam kembali hutan yang gundul (reboisasi). Nah, untuk gempa bumi, bencana alam ini sulit untuk dideteksi dan tidak ada cara menanggulanginya. Dalam skala kecil, gempa bumi memang tidak menimbulkan kerusakan. Namun, apabila gempa bumi terjadi dalam skala besar, dapat dipastikan akan ada banyak properti yang rusak atau bahkan roboh. Pihak pemerintah mungkin akan memberikan bantuan tapi jelas jauh dari nilai properti Anda. Maka dari itu, Anda harus menyadari betapa pentingnya memiliki asuransi properti.

Pengrusakan karena tindakan jahat

Hal ini biasanya terjadi dalam kasus kriminalitas di mana para penjahat biasanya membobol rumah dengan merusak atap, pintu, atau jendela. Tak tanggung-tanggung bahkan ada perampok yang sampai menjebol dinding rumah. Dalam kondisi ini, si korban akan mengalami dua kerugian, yaitu kerugian akibat harta bendanya yang hilang dan kerugian akibat kerusakan pada properti. Istilahnya sudah jatuh tertimpa tangga pula. Yup, hal ini ini memang cukup disesalkan apabila sampai terjadi.

Ketiga penyebab rusaknya properti di atas tidak perlu dikhawatirkan jika Anda memiliki polis asuransi properti. Anda tinggal melakukan klaim setelah kerusakan terjadi pada properti Anda. Pihak asuransi akan segera menganalisa pengajuan klaim dan menerimanya apabila memang layak. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus membayar premi per tahun secara teratur agar polis Anda tetap aktif. Di samping itu, pastikan untuk tidak memalsukan data yang diminta saat mengajukan klaim supaya pihak asuransi tidak menolak klaim Anda.

Mudah-mudahan dengan mengetahui informasi di atas, dalam waktu dekat Anda bisa segera menjadi pemegang polis asuransi properti. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *